Hadirnya Facebook Pro dengan berbagai fitur yang ditawarkan, memberikan manfaat positif bagi Content Creator, karena dengan fitur-fitur tersebut, memungkinkan sebuah konten untuk menjangkau pemirsa lebih luas, eksistensi seseorang sebagai kreator juga akan diketahui oleh lebih banyak orang, dan tentu peluang menghasilkan uang dengan monetisasi Facebook Pro jadi lebih besar.
Menariknya, dengan adanya Facebook Pro, saat ini semua pengguna FB yang mengaktifkan Mode Facebook Profesional memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi Content Creator.
Table of Contents
Apa Itu Content Creator?
Merupakan salah satu profesi yang memiliki peran dan pengaruh besar di era digital, Content creator adalah sebutan bagi orang yang mempunyai keterampilan dalam menciptakan konten yang kreatif, menarik, dan bisa memberikan informasi atau dampak positif bagi audiens-nya.
Konten yang dihasilkan bisa berupa tulisan, video, gambar, suara, atau gabungan dari beberapa konten tersebut, yang kemudian dibagikan melalui media sosial atau platform digital lainnya.
Content Creator Kerjaannya Ngapain Aja, Sih?
Seperti yang saya tuliskan di atas, salah satu tugas kreator adalah menciptakan konten. Namun, sependek pengalaman saya, tugas Content Creator itu nggak cukup berhenti di situ saja. Selain membuat konten, pekerjaan seorang Content Creator adalah sebagai berikut:
1. Paket Lengkap; Penulis, Video/Fotografer, dan Editor
Dalam membuat sebuah konten, kreator harus menyiapkan materi terlebih dahulu seperti foto dan video, tulisan untuk caption, serta melakukan proof reading atau meninjau kembali konten yang dihasilkan, untuk dilakukan editing jika masih ada yang kurang sesuai, sehingga konten tersebut layak untuk dipublikasikan.
2. Rajin Riset dan Up to Date
Secara aktif melakukan riset media sosial dengan mengikuti tren yang sedang viral, serta memahami perilaku audiens pada sebuah platform. Dengan begitu konten yang dihasilkan akan tetap terlihat menarik, up-to-date, berkualitas, dan bisa memenuhi kebutuhan target audiens, baik dari segi hiburan maupun informasi yang mereka butuhkan.
3. Membuat Perencanaan Konten / Content Plan
Seorang kreator dituntut untuk bisa menciptakan berbagai jenis konten yang dapat memenuhi kebutuhan audiens-nya. Dan menyiapkan content plan, akan membuat Content Creator lebih fokus pada ide konten yang sudah direncanakan di awal, dan lebih mudah dalam mengatur pembagian jadwal antara waktu riset, produksi konten, dan publikasi konten.
4. Optimasi Konten degan Hashtag atau SEO (Search Engine Optimization)
Sering saya temukan konten informatif dan menarik tapi jarang dilirik. Di sini optimasi konten sangat diperlukan agar mudah ditemukan dan bisa menjangkau audiens lebih luas lagi. Untuk optimasi konten, Content Creator bisa memanfaatkan hashtag tertentu jika platform yang digunakan adalah media sosial, atau menerapkan SEO (Search Engine Optimization), jika fokus konten yang mereka ciptakan berupa artikel, video YouTube ataupun Podcast.
5. Monitoring Insight di Media Sosial
Optimasi lain yang dapat dilakukan adalah dengan membagikan konten melalui media sosial. Selain optimasi, Content Creator juga bisa melakukan monitoring dashboard media sosial untuk melihat perkembangan insight dari konten yang dibagikan.
Manfaat Facebook Pro Bagi Content Creator
Dengan berbagai jenis jobdesk Content Creator di atas, tentu saja Facebook Pro menjadi salah satu media sosial yang penting bagi mereka, apalagi dengan Fitur Facebook Pro yang memungkinkan kreator beserta kontennya direkomendasikan kepada pengguna Facebook lain, di mana fitur tersebut akan secara otomatis membantu optimasi konten yang mereka bagikan.
Selain optimasi konten, dengan menggunakan Mode Facebook Pro, Content Creator juga bisa mendapatkan manfaat sebagai berikut:
Monitoring Dashboard untuk Evaluasi Konten
Kreator bisa melakukan monitoring dashboard untuk melihat insight konten yang dibagikan melalui Facebook Pro. Hal tersebut bisa digunakan sebagai bahan evaluasi untuk pembuatan konten selanjutnya.
Monetisasi Konten dengan Facebook Reels
Dengan adanya dukungan fitur Monetisasi Facebook, Content Creator tentu akan sangat diuntungkan, karena anggap saja “Sekali Mendayung Dua Pulau Terlampaui”, karena selain bisa mengoptimasi karya, mereka juga berkesempatan untuk mendapatkan uang dari Facebook Pro melalui karyanya.
Meningkatkan Eksistensi Content Creator
Ketika Content Creator membagikan kontennya ke Facebook Pro, mereka akan mendapatkan akses khusus ke salah satu fitur Facebook Profesional, yakni “Menjadi Mudah Ditemukan” di mana Facebook akan merekomendasikan profil kreator sekaligus konten yang dibagikannya kepada pengguna lain.
Membangun Personal Branding sebagai Creator
Dapat membangun eksistensi atau personal branding sebagai Content Creator dengan pilihan kategori yang ditampilkan pada profil Facebook Pro.
Mendapat Dukungan Kreator dar Facebook
Mendapatkan dukungan khusus dari Facebook Pro bagi Content Creator, di mana melalui dukungan tersebut, kreator akan mendapatkan banyak sekali insight yang bisa membantu mereka membangun dan mengembangkan eksistensi sebagai kreator digital.
Dan tentunya dengan memaksimalkan penggunaan fitur di dalamya, bukan nggak mungkin kreator akan menemukan lebih banyak lagi manfaat Facebook Pro bagi Content Creator agar bisa menghasilkan uang dengan Facebook Pro melalui konten kreatif yang mereka bagikan.
Sincerely,
Els