Perkembangan teknologi yang semakin signifikan saat ini, banyak memberikan dukungan dan efek positif dalam berbagai bidang di kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari bidang pendidikan sampai bidang pemasaran sebuah produk ataupun jasa.
Yap, seperti yang kita tahu, saat ini banyak sekali para pelaku usaha yang mulai melek digital, mereka secara perlahan mengubah strategi pemasaran traditional yang biasa mereka gunakan, dan beralih ke strategi pemasaran digital, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan digital marketing, untuk mempromosikan dan menjual produk serta jasa yang merekan tawarkan.
Lalu apa hubungannya dengan pembahasan bertema blog kali ini? Tentu hubungan antara Blog dan Digital Marketing amat sangat erat sekali dong. Dan itu sudah saya buktikan sendiri, karena selama menggeluti profesi Blogger ini, artikel yang saya atau teman Blogger bagikan, menurut saya, memiliki fungsi penting dalam menjalankan strategi digital marketing.
Table of Contents
Fungsi Blog dalam Strategi Digital Marketing
Fungsi dari blog yang paling umum bagi dunia usaha adalah dapat memperkenalkan produk atau jasa kepada calon konsumen, melalui artikel yang kamu bagikan di blog. Dan tentu, hal tersebut dapat membantu suatu usaha untuk bisa bersaing dan berkembang di tengah persaingan bisnis era digital seperti sekarang.
Dan proses pengenalan produk melalui artikel di blog tersebut lah, yang bisa dijadikan sebagai salah satu strategi dalam dunia digital marketing. Selain mengenalkan produk kepada calon konsumen, masih banyak fungsi blog dalam digital marketing lainnya seperti;
Blog sebagai Media Promosi
Selain sebagai tempat curhat dan berbagi pengalaman, Blog juga bisa digunakan sebagai media promosi yang efektif untuk menyampaikan informasi suatu produk, jasa, atau brand kepada konsumen, kita bisa menuliskan semua keunggulan yang dimiliki sebuah brand atau produk ke dalam artikel yang mampu menarik minat pengunjung dan mendorong mereka untuk mengenal lebih lanjut tentang produk yang kita bagikan.
Artikel yang dapat Mengedukasi Calon Konsumen
Blog juga bisa difungsikan sebagai media edukasi bagi konsumen. Sebagai blogger, kamu bisa membuat ulasan suatu produk, di mana ulasan tersebut bisa berisi tentang jenis produk apa dan jasa apa saja yang ditawarkan, manfaat yang bisa diterima konsumen jika menggunakan produk tersebut, serta informasi lain yang bisa mengedukasi calon konsumen.
Dengan kamu menulis artikel yang informatif, artikel tersebut tentunya bisa menjadi sumber informasi terpercaya, dan bisa membantu suatu bisnis dalam membentuk reputasi yang baik dan meningkatkan kredibilitas di era digital saat ini, di mana hal tersebut akan bisa menarik perhatian pelanggan yang potensial.
Membangun Komunitas dengan Ketertarikan yang Sama
Fungsi Blog bagi strategi digital marketing lainnya adalah dapat menjadi wadah atau komunitas bagi konsumen yang memiliki ketertarikan terhadap suatu produk yang sama, di mana mereka dapat saling berinteraksi melalui kolom diskusi yang disediakan pada blog tersebut.
Melalui interaksi yang dilakukan oleh konsumen pada kolom diskusi di blog, akan membantu suatu bisnis dalam memahami kebutuhan dan preferensi konsumen, sehingga bisa menghasilkan produk dan jasa yang mampu memenuhi kebutuhan mereka.
Manfaat Blog dalam Konteks Digital Marketing
Selain 3 fungsi blog untuk strategi digital marketing yang saya sebutkan di atas, blog juga memiliki manfaat yang tak kalah penting untuk mendukung suatu bisnis melalui strategi digital marketing. Beberapa manfaat blog bagi digital marketing adalah:
Meningkatkan Kunjugan Website Suatu Produk
Salah satu manfaat yang bisa dihasilkan dari sebuah Blog untuk strategi digital marketing adalah dapat menambah pengunjung baru ke website bisnis melalui artikel yang menarik dan informatif. Dan dengan meningkatnya kunjungan website suatu bisnis, makan akan semakin meningkat pula peluang konsumen dalam melakukan transaksi pembelian produk ataupun jasa yang ditawarkan oleg suatu bisnis.
Membangun Brand Awareness Konsumen Terhadap Suatu Produk
Blog juga bisa bermanfaat untuk menambah kesadaran konsumen terhadap merek produk yang ditawarkan oleh suatu bisnis. Selain itu, dengan membagikan informasi tentang produk tersebut melalui artikel blog secara konsisten dan berkualitas, akan sangat membantu dalam membangun brand awareness dan meningkatkan citra positif bisnis di mata konsumen.
Menjaga Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Konsumen
Untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen, Blog bisa menjadi media yang tepat untuk menyediakan konten artikel yang bermanfaat dan menarik, baik itu dengan berbagi tips, apa saja manfaat yang bisa didapatkan melalu produk yang ditawarkan, dan masih banyak lagi. Hal tersebut bisa membantu suatu bisnis untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan membangun loyalitas konsumen terhadap produk atau jasa.
Meningkatkan Return On Investement (ROI)
Blog bisa menjadi investasi digital jangka panjang yang mampu menghasilkan return on investement tinggi. Yap, dengan strategi yang tepat, blog bisa membantu suatu bisnis untuk mencapai berbagai jenis tujuan, seperti; menarik konsumen yang potensial, meningkatkan penjualan, serta membangun brand awareness,
Fungsi dan Manfaat Blog di Era Digital Marketing
Sebenarnya selain fungsi dan manfaat blog untuk strategi digital marketing yang sudah saya tuliskan di atas, masih banyak lagi benefit yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan blog untuk menjalankan strategi digital marketing.
Apalagi di era digital dengan persaingan bisnis yang semakin meningkat ini, strategi digital marketing yang tepat tentu dapat membantu suatu bisnis untuk menjangkau konsumen lebih luas lagi, dan salah satu caranya yaitu dengan menggunakan blog sebagai media digital yang bisa membantu strategi digital marketing untuk mencapai tujuan suatu bisnis. Tapi dengan tanda kutip apabila kamu bisa mengelola blog tersebut dengan baik, ya.
Oke sekian tulisan kali ini, dan bagi kamu yang masih ragu mau bikin blog dan memiliki peertanyaan seperti “apa sih manfaat bikin blog?” kamu bisa membaca artikel “Manfaat Blog sebagai Media Belajar” untuk tau manfaat blog selain untuk mendukung strategi digital marketing yang saya jelaskan di atas. Cuss baca!