personal branding untuk creator

Seperti yang sudah saya tulis pada artikel sebelumnya, salah satu manfaat dan fungsi rate card adalah untuk meningkatkan personal branding, yang bisa membantu content creator dalam menciptakan reputasi sesuai dengan profesi content creator yang dia tekuni.

Menurut saya, menciptakan personal branding yang kuat dan positif itu butuh usaha dan strategi yang tepat, agar kita bisa membangun reputasi yang positif bagi audience.

Maklum, sekarang tuh banyak saya lihat influencer atau profesi creator lain, yang seringnya viral karena kontroversi yang mereka ciptakan. Meski begitu, influencer yang memberikan pengaruh positif juga nggak kalah banyaknya.

Tapi namanya orang ya, kadang ada juga yang tergiur dengan strategi yang lebih satset-watwet, seperti menciptakan kontroversi supaya viral.

Hmmmh, sungguh itu nggak baik lo, Gaes. Karena akan menyisakan jejak digital negatif, dan tentu bisa mempengaruhi personal branding yang kamu ciptakan kedepannya.

Baiklah, ini dari tadi saya bahas personal branding terus, kalian sudah pada paham atau masih menebak-nebak, apa yang dimaksud dengan personal branding?

Personal Branding Adalah

Okay, buat kamu content creator pemula, atau kalian yang masih awam dengan dunia tersebut, kali ini saya bakal membagikan insight baru tentang apa itu personal branding, dan fungsinya bagi kamu yang menekuni profesi content creator.

Personal Branding adalah strategi yang dilakukan oleh seorang content creator untuk membangun citra diri melalui konten yang disajikan dengan niche tertentu, secara berkesinambungan dan terus-menerus.

Konten tersebut biasanya tentang ketrampilan, gaya hidup, atau hal unik lain yang mereka miliki, yang bisa membentuk persepsi, kesan, atau pengaruh emosional ketika publik mendengar nama meraka, atau melihat mereka melalui platform media sosial.

Tapi berdasarkan dari yang saya amati selama ini, personal branding itu biasanya terbentuk dari kebiasaan yang dilakukan oleh content creator. Jadi secara organik, nggak ada upaya khusus untuk membangun personal branding ini.

Karena secara natural, audience akan menilai mereka dari kebiasaan atau karakteristiknya sebagai content creator yang unik, dan bagaimana cara mereka menyajikan kebiasaan tersebut dalam bentuk konten, yang bisa menarik perhatian audience.

 

Fungsi personal branding

Fungsi Personal Branding Itu Apa, sih?

Adanya personal branding yang positif, tentu akan memberikan kesan yang baik bagi seorang content creator. Hal tersebut berpotensi untuk meningkatkan jangkauan audience dengan lebih mudah.

Selain itu, personal branding bagi content creator juga memiliki beberapa fungsi penting, yang dapat membantu kamu agar bisa dikenal audience secara positif.

Berikut adalah fungsi personal branding bagi creator;

Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan Audience Terhadap Creator

Personal branding yang kuat dapat membantu content creator membangun kredibilitas dan kepercayaan audience terhadap creator. Karena ketika audience memahami karakter, jenis konten, serta keahlian yang kamu miliki sebagai creator, mereka akan lebih mudah untuk mempercayai dan menghargai konten yang sudah kamu bagikan.

Meningkatkan Engagement

Content creator dengan personal branding yang menarik, akan lebih mudah untuk menciptakan engagement melalui konten yang dibagikan. Dan audience yang sudah memiliki kesan yang baik terhadap seorang content creator, biasanya akan secara suka rela dan lebih mudah tergugah untuk memberikan respon, entah itu melalui komentar, menyukai, ataupun membagikan konten-konten yang kamu hasilkan.

Menjadi Ciri Khas yang Membedakan dengan Creator Lain

Di era digital yang semakin banyak dipenuhi dengan profesi content creator, personal branding yang unik dan original, akan sangat membantu content creator dalam berkompetisi dengan kreator lainnya.

Karena dengan personal branding yang out of the box, kamu bisa menjadi creator yang lebih unggul di mata brand, ataupun audience pada umumnya.

Membuka Peluang Kolaborasi dan Sponsorship dengan Brand

Personal branding yang kuat dapat membuka peluang kolaborasi content creator dengan brand atau influencer lainnya.

Dan tentu, hal ini penting karena melalui kolaborasi tersebut, memungkinkan kamu untuk menarik perhatian audience teman kolaborasimu, sehingga bisa memperluas jangkauan, serta meningkatkan followers yang loyal.

Membangun Karir Content Creator dalam Jangka Panjang

Selain 4 fungsi di atas, personal branding yang positif dan konsisten juga dapat membantu kamu dalam membangun karir sebagai content creator dalam jangka waktu yang panjang di industri kreatif ini.

Dengan branding yang baik, tentu kamu akan lebih mudah dalam menemukan peluang dan mendapat penawaran kerja sama, proyek baru, atau siapa tau kamu bahkan akan mendapat tawaran untuk menjadi brand ambassador sebuah brand.

Personal Branding Bagi Content Creator

Dari beberapa fungsi yang saya sebutkan di atas, kamu tentu bisa sedikit menggambarkan bagaimana manfaat personal branding bagi content creator, yang tentunya kalau dibahas juga di artikel ini, bakalan panjang banget daftar manfaat personal branding serta penjelasannya.

Jadi mungkin next bakal saya buatkan artikel khusus yang membahas apa saja manfaat personal branding bagi seorang content creator.

Untuk saat ini, mungkin lebih baik kamu menyiapkan media kit dengan membaca artikel cara menentukan rate card lebih dulu, karena itu juga termasuk salah satu sebab yang bisa meningkatkan personal branding-mu sebagai creator.

Jadi… stay tune untuk tau apa saja manfaat personal branding di dunia content creator ini, ya!

Sincerely,

Els

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *