Salah satu insight yang saya dapatkan waktu mengikuti webinar SEO Check list for Blogger bersama Head Digital Marketing Klik Dokter dan BRT Network adalah penjelasan tentang konten YMYL, sebuah istilah yang benar-benar baru bagi saya.
Materi yang dibagikan adalah tentang kriteria yang menjadi pilar bagi mesin pencari untuk menentukan apakah konten yang kita tulis di blog, merupakan konten YMYL yang kredibel, berkualitas, dan nggak membahayakan orang lain, atau konten non YMYL.
Wah.. ternyata bukan hanya menentukan niche konten atau topik apa yang bakal dibahas, Blogger juga harus memperhatikan jenis pemilihan konten yang bakal kita bagikan, apakah konten tersebut termasuk dalam kriteria konten YMYL atau tidak.
Dan itu juga menjadi bukti bahwa Google memang selalu melakukan update untuk syarat dan ketentuan yang mereka gunakan dalam menentukan artikel mana yang pantas untuk memenangkan hati SERP.
Table of Contents
Apa Itu Konten YMYL?
Jadi waktu pertama melihat materi yang sedang dipresentasikan oleh Mas Miftah, saya sempat bertanya-tanya, “Eh ada strategi baru lagi, apa sih YMYL ini?”, dan karena ini istilah baru bagi saya, wajar dong ya kalau saya cuma “oh begitu, ya” sambil pelan-pelan mencerna pengetahuan baru tersebut.
Nah, buat kamu yang juga pengen tau apa itu konten YMYL, berikut akan saya tuliskan secara singkat penjelasan dari konten YMYL yang saya dapatkan selama webinar SEO Checklist for Blogger Winning The SERP, dan ditambah dengan sedikit informasi dari hasil ke-kepoan-ku di laman pencarian Google.
Tenang.. info tambahannya saya ambil dari website-website besar yang sudah pasti menyajikan konten YMYL, kok. Jadi pengertian YMYL yang saya bagikan, bakal sesuai dengan informasi yang saya dapatkan.
YMYL adalah singkatan dari Your Money Your Live, dan konten YMYL merupakan konten yang dapat memberi pengaruh positif yang sangat besar terhadap audiens, baik itu dari segi kebahagiaan, kesehatan, stabilitas keuangan, atau keselamatan seseorang di masa depan.
Salah satu penyebab munculnya konten YMYL sendiri adalah karena saat ini hampir semua orang menggunakan Google untuk menemukan beragam topik informasi atau mencari solusi dari permasalahannya, mulai dari masalah keuangan sampai masalah kesehatan. Dan memang saya pun melakukan hal yang sama saat butuh rekomendasi obat demam buat bocil misalnya.
Nah, dengan adanya kebutuhan audiens akan informasi yang berhubungan dengan kehidupan seseorang, Google menggunakan konsep YMYL ini untuk memastikan artikel yang dibaca audiens adalah artikel relevan, akurat, dan up-to-date, karena apabila artikel tersebut ternyata merupakan informasi yang nggak benar, bakal memberikan efek yang negatif bagi audiens, bahkan bisa menimbulkan permasalahan yang sangat buruk bagi mereka.
Jenis Topik Artikel Konten YMYL
Dari materi webinar SEO Checklist kemarin, ada 3 jenis klasifikasi konten YML berdasarkan pengaruhnya terhadap audiens. Apa saja klasifikasi tersebut?
1. Konten Tidak YMYL
Konten tidak YMYL adalah konten yang tidak memiliki efek terlalu besar bagi kehidupan audiens, atau dengan kata lain, konten tersebut tidak memiliki pengaruh bagi seseorang dalam mengambil suatu keputusan yang berdampak pada hidup dan mati mereka.
Jenis konten yang bukan termasuk dalam klasifikasi YMYL adalah konten artikel yang membahas tentang informasi seputar hiburan, berita olahraga, cerita perjalanan hidup, review gadget, dan beberapa topik lain yang tidak memiliki dampak berarti bagi audiens.
2. Konten Mungkin YMYL
Yang kedua adalah konten mungkin YMYL, konten yang membagikan artikel tentang informasi yang mungkin akan berdampak negatif pada pembaca. Beberapa contoh jenis topik artikel yang masuk ke dalam kualifikasi konten mungkin YMYL adalah artikel yang membagikan informasi tentang prakiraan cuaca, gangguan lalu lintas, kecelakaan mobil, dan beberapa artikel sejenisnya.
3. Konten YMYL
Sesuai dengan penjelasan yang saya tuliskan di atas, konten YMYL (Your Money Your Live) merupakan konten yang dapat memberi pengaruh positif terhadap audiens, misalnya seperti menjadi patokan pembaca dalam mengambil keputusan besar dalam kehidupan mereka.
Beberapa contoh jenis artikel yang masuk dalam kualifikasi konten YMYL adalah artikel yang mengulas tentang investasi keuangan ataupun tentang produk bank lainnya, konten artikel dengan topik kesehatan dan farmasi, artikel dengan niche pendidikan yang berdampak pada masa depan audiens, informasi tentang hukum dan tindak pidana.
Berkenalan dengan Konten YMYL untuk Artikel Blog
Selain niche yang saya sebutkan di atas, sebenarnya masih banyak jenis artikel yang bisa masuk dalam kategori konten YMYL, karena apabila konten tersebut memang ditujukan atau berpotensi untuk tips dan trik ke pada audiens yang nantinya bisa menjadi pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan, dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan tertentu yang dapat memengaruhi kehidupan mereka baik pada saat itu juga maupun dampak di masa depan, maka konten tersebut dapat dianggap sebagai konten YMYL menurut algoritma Google atau SERP.
Oke sekian sedikit penjelasan tentang konten YMYL yang menjadi pusat perhatian saya waktu webinar SEO Checklist kemarin, tentunya selain penjelasan tentang EEAT Google, yang sudah saya tuliskan bagaimana cara penerapannya, yang bisa kamu baca pada artikel “Cara Menerapkan Fundamental EEAT untuk Artikel Blog“, dan juga materi Schema Data yang benar-benar menarik perhatian saya.
Jadi stay tune terus di blog digitalife.id untuk kupas tuntas tentang materi Schema Data ini, ya..