Ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang blogger, itu berarti kamu siap untuk upskill; mengikuti dan mempelajari perkembangan teknologi yang selalu update, dan siap dengan berbagai ketentuan yang secara berkala diperbaharui oleh mesin pencari.
Di mana salah satunya adalah fundamental EEAT yang dijelaskan oleh Mas Miftah, seorang Pakar Digital Marketing, pada webinar SEO Checklist di kelas BRT minggu lalu.
Sebenarnya untuk materi EEAT ini sudah pernah kami bahas melalui diskusi grup Blogger BRT, tapi hanya sekilas-sekilas saja. Namun, pembahasan yang sekilas tersebut justru membuat saya semakin penasaran tentang apa itu EEAT dan bagaimana cara penerapannya yang tepat.
Table of Contents
Memahami Fundamental EEAT Google
EEAT adalah fundamental yang digunakan dalam menulis artikel blog, dan menjadi dasar bagi Google dalam menentukan kualitas serta kredibilitas konten blog tersebut. EEAT merupakan singkatan dari Experience (Pengalaman), Expertise (Keahlian), Authoritativeness (Kewenangan), dan Trustworthiness (Kepercayaan).
Dan selama webinar SEO Checklist for Blogger kemarin, Alhamdulillah-nya Mas Miftah memberikan penjelasan yang lebih detail tentang masing-masing fundamental dalam EEAT yang sudah kami bahas sebelumnya, jadi saya bisa mempelajarinya lagi dengan tambahan materi yang saya dapatkan.
Apa saja yang dimaksud dengan fundamental EEAT Google? Berikut akan saya tuliskan beberapa insight baru yang saya dapatkan dari kelas Blogger akhir pekan persembahan dari BRT;
Experience
Menulis artikel berdasarkan pengalaman blogger. Jadi biasanya, ketika kamu menulis artikel sesuai dengan pengalaman yang kamu miliki, kamu akan bisa dengan runut menjelaskan apa saja yang ingin kamu sampaikan, dan bisa secara mudah memberikan pendapat tentang topik yang sedang kamu tulis.
Expertise
Konten artikel yang ditulis oleh seorang ahli atau berdasarkan pendapat ahli, di mana artikel tersebut memiliki informasi yang kredibel serta memenuhi kualifikasi, selain itu informasi yang dibagikan juga dapat memberikan pengetahuan sesuai dengan topik yang sedang dibahas.
Authoritativeness
Pada poin ini, kamu harus bisa memenuhi kriteria dasar dalam menulis artikel, yakni artikel yang akurat dan dapat dipercaya sehingga bisa menjadi pedoman atau andalan bagi pembaca terhadap satu topik tertentu.
Hal tersebut akan membantumu dalam membangun authoritativeness blog atau reputasi website, baik di lingkup pakar, influencer, maupun seseorang yang dirasa memiliki kemampuan atau keahlian pada topik tertentu yang berhubungan dengan YMYL – Your Money, Your Life. (Kan, nemu istilah baru lagi, kan.. Nanti bakal saya bahas juga di lain artikel, ya)
Trustworthiness
Membagikan artikel blog yang mampu membangun rasa percaya user terhadap konten yang kamu bagikan, dan untuk menghasilkan artikel yang dapat menciptakan trustworthiness ini, tentu akan lebih baik kalau kamu memiliki pengalaman yang berkaitan dengan topik tersebut, karena dengan begitu kontenmu akan terhindar dari cloacking atau konten yang dianggap hoax.
Cara Menerapkan Fundamental EEAT untuk Artikel Blog
Dari penjelasan pada masing-masing poin dalam fundamental EEAT untuk Google yang saya tuliskan di atas, tentunya kamu sudah memiliki gambaran bagaimana cara menulis artikel berdasarkan EEAT yang bisa membantu meningkatkan kredibilitas dan kualitas blog di mata Google ini.
Penerapan Fundamental Experience
Dari segi Experience, kamu bisa menceritakan beberapa pengalaman yang kamu miliki, dan yang berhubungan dengan topik yang akan kamu bagikan, tapi tentunya harus menggunakan gaya storytelling yang menarik, agar user ikut terbawa suasana dan mau lanjut membaca artikel sampai bawah.
Dan dari sharing yang sudah kamu bagikan berdasarkan pengalamanmu sendiri, kamu akan bisa menjelaskan detailnya secara baik dan mudah dipahami karena kamu memang sudah menguasai topik tersebut.
Hal itu akan berpengaruh pada tingkat readability artikel yang memudahkan audiens dalam memahami informasi yang dibutuhkannya, dan memudahkan kamu juga dalam menerapkan strategi linking serta menentukan internal link artikel yang relate dengan topik yang kamu tulis.
Penerapan Fundamental Expertise dan Authoritativeness
Setelah bercerita dengan leluasa tentang pengalamanmu, untuk memenuhi fundamental Expertise dan Authoritativeness, selanjutnya kamu bisa menambahkan quote, insight, pendapat dari expert atau pakar yang benar-benar memiliki kewenangan untuk memberikan pandangan terhadap topik yang sedang kamu bahas.
Bahkan kalau memungkinkan kamu bisa melakukan wawancara singkat dengan expert yang berpengalaman di bidang tersebut.
Penerapan Fundamental Trustworthiness
Nilai plus-nya, cara-cara yang saya jabarkan di atas juga sangat berpotensi untuk membangun kepercayaan atau trustworthiness audiens terhadap konten-konten yang kamu bagikan kedepannya.
Dan hal itu juga membuka peluang agar user mau tuh balik lagi berkunjung ke blog-mu untuk menemukan artikel-artikel terkait yang mereka butuhkan, seperti toh mereka ternyata terbantu dengan artikel persiapan yang diperlukan untuk membuat blog, bukan nggak mungkin mereka juga akan membaca artikel tentang strategi yang mempermudah proses perayapan Google yang bisa kamu baca juga di artikel “Rahasia Menulis Artikel Agar Mudah Terindeks oleh Google“.
Yap, selain menerapkan fundamental EEAT untuk Google, masih banyaaak sekali cara lain yang bisa kita lakukan sebagai bentuk optimasi artikel ataupun blog itu sendiri agar berhasil memenangkan hati SERP atau bahasa umumnya mesin pencari. Dan inget, persaingan di dunia digital sekarang tuh bukan yang selow seperti zaman dulu, di mana setelah nulis, kita tinggal publish, dan saling bw dengan kalimat manis di kolom komentar sesama Blogger.
Lebih dari itu banyak strategi yang bisa kita lakukan untuk bisa bertahan di hiruk-pikuk dunia digital yang meskipun penuh sesak, tapi tetap saya suka karena ya memang hobi saya tuh nulis, ngungkapin semua yang ada di kepala, baik itu unek-unek nggak guna, maupun yang insightful seperti bahasan yang saya tulis di atas.
Duh malah curcol lagi -_-
Yaudah sekian artikel hasil rangkuman kelas “SEO Checklist for Blogger Winning the SERP” sekaligus sedikit tambahan opini dari saya ini, stay tune untuk artikel yang insightful selanjutnya, ya… Semoga bermanfaat!!