Dalam dunia content creator, personal branding yang kuat bisa membuat kamu yang menjalani profesi tersebut berpeluang besar memiliki karier yang panjang, karena namamu akan mudah diingat oleh audience melalui branding yang sudah dibangun.
Itu lah kenapa, banyak content creator yang giat banget berbagi konten dengan fokus tema tertentu, agar target audience bisa dengan mudah mengenali mereka ketika melihat konten dengan tema tersebut.
Selain bisa menjadikan creator lebih mudah dikenali, tentunya masih banyak manfaat personal branding yang bisa kamu dapatkan untuk mendukung karier-mu sebagai content creator.
Table of Contents
- 1 Manfaat Personal Branding
- 1.1 Mudah Diingat dan Dikenali oleh Audience
- 1.2 Tampil Beda dari Creator Lain
- 1.3 Meningkatkan Kepercayaan Audience Terhadap Creator
- 1.4 Menciptakan Komunitas bagi Audience yang Memiliki Ketertarikan dan Minat Sama
- 1.5 Meningkatkan Peluang Kolaborasi dengan Brand dan Creator Lain
- 1.6 Membangun Karier di Bidang Lainnya
- 1.7 Meperluas Peluang Monetisasi dengan Menciptakan Brand Sendiri
- 2 Bangun Personal Brandingmu sebagai Creator dan Rasakan Manfaatnya!
Manfaat Personal Branding
Beberapa manfaat personal branding bagi content creator adalah:
Mudah Diingat dan Dikenali oleh Audience
Content creator dengan personal branding tertentu akan mudah diingat dan dikenali oleh audience, karena biasanya, creator yang branding-nya sudah terbangun dengan kuat, sedikit-banyak akan menjadi perbincangan publik, yang akhirnya bisa menarik perhatian audience, baik itu yang menjadi target mereka, ataupun audience di luar target.
Tampil Beda dari Creator Lain
Banyaknya platform media sosial dan creator dengan niche yang sama saat ini, menyebabkan dunia content creator menjadi lingkup yang sangat kompetitif.
Dan personal branding yang unik dan menarik akan membuat content creator tampil beda dari creator lain, dan akan lebih mudah diingat oleh audience.
Meningkatkan Kepercayaan Audience Terhadap Creator
Personal branding yang dihasilkan melalui konten berkualitas dari segi tema maupun pengemasan, akan menunjukkan pada audience bagaimana skill dan pengalaman seorang creator, dan hal tersebut tentu bisa membangun citra mereka sebagai creator yang ahli di bidangnya.
Hal ini akan meningkatkan kepercayaan audience terhadap content creator, dan bisa membuat hubungan mereka dengan audience jadi lebih kuat.
Menciptakan Komunitas bagi Audience yang Memiliki Ketertarikan dan Minat Sama
Dengan personal branding yang kuat, sebagai content creator kamu bisa menarik audience yang memiliki minat dan ketertarikan yang sama. Cara tersebut bisa membangun komunitas atau audience yang loyal dan suportif terhadap konten-konten yang kamu bagikan, dan akan membantumu dalam mengembangkan channel atau platform media yang kamu gunakan.
Selain bermanfaat bagi content creator, melalui komunitas tersebut, audience juga bisa dengan mudah mencari informasi tertentu yang mereka butuhkan, melalui tema konten yang kamu bagikan, maupun dengan melakukan diskusi antar member di dalamnya.
Meningkatkan Peluang Kolaborasi dengan Brand dan Creator Lain
Content creator yang memiliki personal branding kuat, akan lebih menarik bagi brand atau creator lain. Dan itu bisa membuka peluang kolaborasi atau kerjasama, di mana hal tersebut akan bermanfaat juga bagi kedua belah pihak.
Dari sisi brand, akan memperluas jangkauan, engagement, dan meningkatkan product awareness melalui konten kolaborasi yang dikerjakan. Sementara bagi content creator, bisa meningkatkan kredibilitas-mu sebagai creator di mata audience.
Membangun Karier di Bidang Lainnya
Personal branding bagi content creator bukan hanya bermanfaat di lingkup kerja digital, karena dengan branding yang menggambarkan seorang creator menguasai niche atau tema tertentu, mereka akan bisa memanfaatkan pengalaman serta personal brandingnya untuk membangun karier di bidang lain yang masih berhubungan dengan konten yang kamu bagikan.
Misalnya nih, kamu bisa menjadi menjadi nara sumber, tutor, atau konsultan dengan fokus tema yang sudah dikuasai berdasarkan personal branding yang kamu tunjukkan.
Meperluas Peluang Monetisasi dengan Menciptakan Brand Sendiri
Dengan dukungan dari personal branding yang kuat, serta pengikut dan engagement yang tinggi. Saat ini banyak juga content creator yang menciptakan brand-nya sendiri. Karena bisa dibilang, dengan dukungan personal branding yang kuat, mereka bisa dengan mudah meningkatkan ketertarikan dan antusiasme audience untuk membeli produk dari brand yang mereka ciptakan.
Jadi selain menciptakan peluang kolaborasi dan kerjasama dengan brand, content creator dengan personal branding yang kuat, juga bisa memiliki peluang monetisasi yang lebih luas, yakni dengan menciptakan brand-nya sendiri.
Bangun Personal Brandingmu sebagai Creator dan Rasakan Manfaatnya!
Dan menurut saya, setelah menuliskan beberapa manfaat di atas, dapat disimpulkan bahwa personal branding adalah salah satu strategi yang paling tepat bagi content creator, agar bisa bertahan dan siap bersaing di tengah banyaknya orang yang mulai terjun atau menjalani profesi tersebut di era digital saat ini.
Dan dengan personal branding yang kuat, akan mudah bagi kamu untuk merasakan semua manfaat di atas, apabila kamu bisa menerapkan strategi membangun personal branding secara tepat. Lalu bagaimana cara yang tepat tersebut? Kamu bisa membaca artikel strategi membangun personal branding untuk mengetahui caranya.
Karena selain pentingnya manfaat personal branding bagi creator, proses dan cara membangun branding diri juga nggak kalah penting, jangan sampai kamu melakukan kesalahan fatal dalam prosesnya, yang akhirnya bisa memberikan efek dan pengaruh negatif pada karier mu sebagai content creator.
Ya.. meskipun kalau saya lihat, banyak juga content creator yang nggak peduli dengan hal semacam itu [read: melakukan strategi kotor] agar bisa lebih cepat naik daun. Tapi akan lebih menyenangkan dan menenangkan hati, kalau ternyata strategi personal branding dengan konten yang positif, bisa bermanfaat bagi audience yang mengikuti platform media sosial kita ya, kan?