struktur navigasi blog

Salah satu alasan kenapa pengunjung hanya bertahan sebentar ketika memasuki blog kita adalah karena struktur menu navigasi blog yang tidak user friendly alias nggak jelas tujuan dan fungsi dari link atau berbagai menu yang bertebaran di blog itu apa, sehingga navigasi tersebut nggak bisa mengarahkan atau memudahkan pembaca untuk menemukan artikel yang mereka butuhkan.

Dan itu juga pasti berpengaruh pada pengalaman pengunjung atau user experience yang bisa saja membuat mereka ogah kembali ke blog kita karena bukannya nemu solusi tapi malah bingung sendiri cari informasi yang mereka butuhkan.

Waduh, jadi gimana dong biar pengunjung blog nggak keburu kabur? Padahal artikel yang kamu bagikan udah lengkap banget, dan relate sama kata kunci yang sedang mereka cari. Wah PR banget..

Struktur Navigasi Blog yang User Friendly

Oke, jadi saat ini kan saya lagi ikut kelas BRT Growth, etapi sebenarnya bukan kelas sih, karena awalnya BRT Growth tuh dibuat untuk Blogger BRT yang mau ikut challenge menulis artikel organik.

Tapi dasarnya Pawang BRT aja yang kayaknya gatel kalau nggak berbagi ilmu-ilmu baru tentang dunia Blogging, jadi lah ada materi-materi premium yang harus kita pahami dan terapkan melalui tugas-tugas yang dibagikan secara berkala.

Dan salah satu tugas yang harus kita kerjakan adalah menerapkan navigasi blog yang user friendly! Tujuannya tentu biar pengunjung blog kita nggak keburu kabur karena navigasi yang berantakan.

Jadi apa saja menu navigasi blog yang harus ada pada sebuah blog? Berikut akan saya tuliskan bagaimana cara membuat menu navigasi blog yang user friendly;

1. Navigasi Header Blog

Menu navigasi utama yang ada pada bagian header, biasanya merupakan fondasi utama pada sebuah blog. Berfungsi sebagai petunjuk yang bisa mengarahkan pengunjung ke berbagai laman yang ada pada blog, apa saja menu navigasi yang harus ada pada bagian header blog?

Logo dapat membantu sebuah blog untuk memiliki identitasnya sendiri, dan dengan adanya logo, bisa membantu pembaca untuk mengingat sebuah blog dengan mudah, karena kadang ada lho nama blog yang mirip atau bahkan sama dengan blog lain.

  • Home

Navigasi home dapat mempermudah pembaca jika sewaktu-waktu mereka ingin kembali ke halaman utama setelah selesai membaca artikel. Oh ya, untuk menu home dan logo di atas, biasanya keduanya memiliki link aktif menuju halaman utama blog, jadi ada baiknya kamu pilih salah satu saja untuk disisipkan link aktif yang mengarah pada halaman utama blog, ya.

Dengan begitu menu navigasi yang ada pada blog mu jadi lebih jelas dan nggak bikin bingung pembaca karena terlalu banyak link yang mengarah ke homepage.

  • Kotak Pencarian

Navigasi ini dapat mempermudah audiens ketika mereka ingin mencari dan membaca artikel dengan topik tertentu. Dan ssstt.. navigasi ini juga bisa menjadi peluang buat nambah kerjasama kalau ada brand yang lagi survei blog buat diajak kolaborasi, lho. Karena mereka bisa dengan mudah mencari artikel yang sesuai dengan kebutuhan brand.

  • Kategori

Halaman kategori membagi konten blog menjadi topik atau tema tertentu. Ini memungkinkan pengunjung untuk menemukan artikel yang relevan dengan minat atau kebutuhan mereka. Misalnya, kategori seperti Travel, Teknologi, Kesehatan, Fashion, dan lain sebagainya.

  • Label

Tag atau label digunakan untuk mengelompokkan artikel berdasarkan topik atau kata kunci tertentu yang tidak selalu sesuai dengan kategori utama. Setiap artikel dapat memiliki beberapa tag yang memungkinkan pengunjung untuk menemukan konten terkait meskipun berasal dari kategori yang berbeda.

2. Navigasi Sidebar Blog

Selanjutnya adalah navigasi sidebar yang biasanya diisi dengan berbagai jenis widget yang bakal membantu audiens untuk menemukan lebih banyak artikel di blog. Dan berikut adalah beberapa widget yang bisa kamu pasang pada sidebar blog:

  • Widget Arsip Artikel

Arsip artikel biasanya berupa daftar atau kalender kronologis dari semua postingan blog, yang biasanya diurutkan berdasarkan tanggal atau kategori. Ini membantu pengunjung untuk menelusuri konten lama dan menemukan artikel-artikel sebelumnya yang mungkin menarik bagi mereka.

  • Widget Artikel Populer

Widget ini bisa berupa daftar artikel yang paling banyak dan paling sering dikunjungi oleh audiens. Salah satu manfaat daftar artikel populer yang ditampilkan pada sidebar adalah bisa meningkatkan kredibilitas sebuah blog, berdasarkan topik yang paling banyak dibaca tersebut.

Selain itu, adanya widget artikel populer pada blog juga bisa menarik perhatian atau memancing rasa penasaran pengunjung untuk ikut membaca artikel yang ramai pembacanya tersebut.

  • Widget Media Sosial

Widget media sosial ini dapat berfungsi sebagai social signal baik itu bagi audiens atau Google, yang secara nggak langsung memberikan informasi bahwa kamu telah menulis artikel di blog yang kamu kelola dengan membagikan link artikel tersebut di media sosial.

Selain itu, dengan adanya media sosial di blog, dapat menunjukkan pada audiens bahwa blog tersebut benar-benar kamu yang mengelolanya, dan bukan AI apalagi robot. Media sosial dapat menjadi wujud eksistensi kamu sebagai blogger melalui postingan-postingan yang kamu buat di dalamnya.

  • Widget Komunitas Blogger

Untuk widget komunitas blogger ini bisa kamu isi dengan banner-banner komunitas yang kamu ikuti. Tapi pastikan banner-nya memiliki ukuran yang sesuai dengan widget, ya. Biar keliatan rapih.

3. Navigasi Footer Blog

Terakhir adalah navigasi footer blog. Biasanya navigasi ini berisi tentang beberapa hal sebagai berikut;

  • Tentang Penulis

Sebagai blogger yang tulisannya pasti bakal dibaca sama orang lain, akan lebih baik kalau mereka tau siapa orang di balik blog yang artikelnya sedang mereka baca.

Kamu bisa memperkenalkan diri secara singkat, background pendidikan, domisili, dan jika perlu, sertakan juga achievement yang pernah kamu dapatkan.

  • Kontak Penulis

Selain memperkenalkan diri melalui lama tentang penulis, kamu juga bisa menambahkan laman kontak penulis pada navigasi blog di bagian footer. Tujuannya tentu agar kalau ada brand yang mau ngajakin kerjasama, mereka bisa dengan mudah menghubungi kita lewat kontak yang tertera pada laman tersebut. Duh kok malah fokusnya ke brand, ya XD.

Oke sebenarnya laman kontak penulis ini ditujukan untuk mempermudah komunikasi dengan audiens yang ingin mengobrol lebih dekat lagi atau menanyakan topik dalam artikel yang belum begitu mereka pahami, sih. Dan untuk brand, kalau memang ternyata tertarik, berarti itu bonus untuk kita, hihihi.

  • Disclaimer

Selanjutnya adalah tentang disclaimer, navigasi ini berfungsi sebagai pernyataan bagi blogger  dengan tujuan perlindungan bagi pemilik blog akan efek dari informasi yang diterima oleh pembaca. Jadi dengan adanya disclaimer, pembaca dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada blog tersebut.

  • Privacy Police

Hampir sama dengan disclaimer, fungsi dari privacy policy di blog adalah untuk memberikan transparansi kepada audiens mengenai aturan dan sistem kerja yang berlaku pada blog yang kamu kelola. Selain sebagai langkah untuk mematuhi hukum, dengan adanya privacy policy, blog juga akan  mendapatkan kepercayaan lebih dari audiens.

Buat Struktur Navigasi Blog yang User Friendly, Yuk!

Nah karena di atas sudah saya tuliskan apa saja navigasi blog yang bisa membantu audiens agar lebih mudah menjelajah blog dan menemukan informasi yang mereka butuhkan, boleh lah ya kamu praktikan untuk blog yang saat ini sedang kamu kelola.

Biar artikel-artikel yang kamu tulis bisa dengan mudah tersampaikan dan bermanfaat bagi audiens yang memang membutuhkan informasi terkait topik yang kamu tulis. Dan dengan navigasi blog yang jelas, Google juga bakal dengan mudah memahami isi blog yang kamu kelola.

Selain navigasi blog di atas, kamu juga bisa membaca artikel tentang “Cara Mengatur Navigasi Blog Agar Disukai Google!” karena di sana ada navigasi blog lain yang juga perlu kamu terapkan agar optimasi artikelmu jadi semakin maksimal dan memiliki peluang lebih besar lagi untuk memenangkan hati SERP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *